Kamis, Oktober 12, 2006

Ketabrak TIKUS...

Kemarin sore, Ade Ayha ketabrak tikus... Tikus nakal itu nabarak kaki Ade waktu dia lagi di suapin sama Mak di luar rumah. Ade langsung kaget dan mungkin sedikit shock, karena seketika, badannya langsung panas. Setelah ketabrak tikus itu, Ade sama sekali nggak mau turun dari gendongan. Padahal yang namanya Aaliyah Cahyaning Buana itu sama sekali nggak bisa diem, kecuali kalo tidur. Rasa ingin tahunya yang besar, bikin dia selalu eksplor tentang segala sesuatunya. Bahkan pernah suatu hari, dia sudah di atas bangku, sambil menjangkau steker listrik. Waduh, sejak saat itu, nggak pernah gw bolehin pengasuh2nya buat ninggalin dia sendirian. Termasuk saat gw ma Mahani di rumah. Kami selalu gantian buat ngikutin Ade Ayha kemana pun yang dia mau.
Kemarin sore, Ade Ayha ketabrak tikus... Sejak saat di tabrak itu, apapun yang ditunjukin Mak, dia nggak mau tahu... Bahkan saat Mak nyetelin VCD Campur Sari kesenangannya dia. Lagu Kopi Lampung dan Mendem Wedo'an karangan Didi Kempot adalah lagu kesenangannya. Nggak siang, nggak malem, nggak pagi bangun tidur, Ade sangat menikmati lagu2 itu sambil minum susu di depan TV. Awalnya, waktu Mak cerita kalo Ade seneng lagu-lagu Campur Sari, gw gak gitu percaya... Tapi pernah suatu pagi, dia langsung gandeng tangan gw ke luar kamar, masuk ruang TV, ngambil VCD Campur Sari kesukaannya dia, dan di serahin ke gw... Hahaha, dia minta disetelin VCD itu. Bener aja, setelah gw setelin, lagu pertama, dia geleng... Maksudnya bukan lagu itu... Lagu kedua, masih geleng, lagu ketiga, juga geleng. Saat lagu keempat, dia langsung joget2 ngikutin irama lagu... And you know, lagu apa itu? Mendem Wedo'an !!! Huahaha... Pagi itu perutku kayak digelitik seribu semut saking gelinya...
Kemarin sore, Ade Ayha ketabrak tikus... Kebetulan, kemarin, gw dan Mahani pulang malem, karena ada rapat sekalian Bukber di rumahnya Dita. Waktu Mak cerita kalo Ade ketabrak tikus, cerewetnya gw langsung keluar. Berbagai pertanyaan seputar peristiwa itu langsung keluara otomatis dari mulut gw. Pertama yang gw tanya, 'Ade digigit nggak?' Terus disambung pertanyaan lainnya, macam 'jatuh nggak Ade saat itu?', 'panasnya mulai kapan?', 'berapa derajat panasnya?', dsb... dsb... Mak menjawab semua pertanyaan gw itu dengan sabar... Bahkan di tambah dengan informasi2 lainnya yang nggak gw tanyain, macam 'Ade nggak mau dengar lagu campur sari', 'nggak mau turun dari gendongan', dsb...dsb...
Setelah tanya jawab selesai, gw cuci tangan dan kaki, baru masuk kamar. Gw pegang dahinya Ade, Alhamdulillah... Seketika gw ucap syukur... Dah nggak panas lagi... Gw perhatikan raut mukanya... Nggak gelisah, Alhamdulillah... lagi2 gw bersyukur... Dan malam itu, kami tidur dengan tenang, karena Ade nggak rewel...
Tadi, jam 5 pagi, gw dibangunin Ade dengan caranya yang biasa... Mukul2 muka gw dengan tangan kecilnya... Seketika gw bangun dan langsung gw peluk dia... Dia nunjuk2 buku National Geography kesenangannya yang sengaja gw simpan di samping tempat tidur... Kami liat2 gambar itu bareng2... Saat itu, suhu tubuhnya Ade masih normal... Setelah puas liat2 buku, diambilnya botol susunya yang udah kosong dan tarik tangan gw ke arah pintu kamar. Tandanya, dia minta dibuatin susu lagi... Kami keluar kamar. Ke ruang makan, bikin susu, terus langsung ngajakin tiduran di ruang TV. Seperti biasa, dia minta disetelin campur sari. Saat itulah gw pegang dahinya mulai panas lagi... Langsung gw bangunin Mahani, "Hon, Ade panas lagi tuh. Bawa ke dokter aja, yuk..." Mahani langsung bangun dan langsung pegang juga dahi Ade. Setelah yakin, dia mengiyakan ajakan gw.
Pagi itu, saat Ade panas karena shock ketabrak tikus, setelah Mahani anter Sasha sekolah, gw, Adhe dan Mahani ke dokter dekat rumah. Dokternya bilang Adhe nggak papa... Hanya kaget... Setelah kasih resep, kami pulang. Sampe rumah, panasnya dah turun lagi. Langsung gw suapin si Adhe. Wah... makannya banyak banget... Mungkin laper, karena kemarin sore, setelah di tabrak tikus itu, maemnya gak banyak... Setelah makan, minum obat dan tidur lagi di depan TV, sambil denger campur sari... ;p Dah gak panas lagi, dan bangun tidur dah kembali seperti biasa lagi... Eksplor ke mana-mana, joget2 dan ngoceh dengan bahasa bayinya yang kami semua gak ngerti... Fhiu...
Catatan : Pagi ini, kami mendapati, jebakan tikus yang kami pasang di taman dalam rumah mendapatkan 2 ekor tikus di dalamnya. Kami coba hilangkan traumanya Adhe dengan menunjukkan tikus itu. Awalnya dia takut dan menangis... Kamudian Mahani bilang kalo tikusnya udah di tangkep dan gak bisa ke mana2... Lama2 dia mau liat tikus itu, dan gak nangis lagi...

Tidak ada komentar: