Kamis, Oktober 19, 2006

D I S K R I M I N A S I

Pernah gak siy terpikirkan, kalo loe2 semua bisa milih saat mau dilahirkan, loe bakal milih apa, bagaimana, dimana dan seperti apa loe mau diri loe menjadi?

Yen tak pikir2... Manusia, kalo berpikir dan bisa memutuskan mau jadi apa ato siapa ato bagaimana seandainya bisa memilih sebelum dilahirkan, maka manusia itu adalah manusia yang nggak menghargai dirinya sendiri. Kenapa siy kepingin jadi orang lain? Kenapa juga gak bangga dengan apa yang ada di dirinya sendiri itu dengan segala kelebihan dan kekurangannya? Toh gak ada kok manusia yang sempurna... Setiap manusia itu pasti selalu ada kelebihan dan kekurangannya. Nah kalo memang gak ada manusia yang sempurna, kenapa pengin jadi orang lain...?

Terus, gw juga bingung, kenapa siy orang sangat bangga dengan kesukuannya atau asal usul keturunannya??? Padahalkan ya itu tadi, kita, manusia lahir ke dunia fana ini adalah TANPA BISA MEMILIH AKAN MENJADI SIAPA DIRINYA ATAU DIMANA DIA AKAN DILAHIRKAN. So, menurut gw artinya, gak ada satupun bangsa, suku atau wangsa yang sifatnya "paling" dari yang lainnya. Semuanya sama.

Pernah gak siy kepikiran, kalo misalnya loe bercermin dan membayangkan bagaimana seandainya loe dilahirkan sebagai orang lain yang sama sekali berbeda, mulai dari warna kulit, suku, bangsa, status sosial, dll. Pokoknya loe sebagai orang lain. Kalo loe merasa kaya, maka bayangkan loe adalah orang yang status sosialnya rendah. Ato sebaliknya. Apakah loe masih akan mempunyai pemikiran yang sama dengan diri loe yang sekarang? Yah, itu yang kadang2 gw lakukan, Pals... Dengan begitu, gw jadi lebih mengenal diri gw... dan rasa persaudaraan dengan orang lain dalam diri gw menjadi lebih besar. Juga rasa syukur gw... Gw jadi bisa meminimalisir rasa sentimen terhadap orang2 tertentu dan jadi mencoba untuk lebih mengerti orang lain...

So, kalo dah ada kesadaran bahwa setiap manusia itu pada dasarnya adalah sama dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing, masih perlu ada yang namanya DISKRIMINASI???

Tidak ada komentar: